FREE ONGKIR*!! Area Bandung, Tanpa Minimum Order.

Ketogenik, Mengubah Metabolisme Tubuh Dari Gula ke Lemak

Pelajari diet ketogenik, metode populer yang mengubah metabolisme tubuh dari pembakaran gula ke lemak. Temukan manfaat, cara kerja, dan keamanan diet ini bagi kesehatan Anda.
Ditulis oleh :
Pakar Nutrisi
Anggraeni Nuraeni
Anggraeni lulus dari bla bla bla bla dan telah bekerja sebagai nutritionist selama kurang l
Editorial oleh :
SEO Specialist
Widi Widiyanti
Pembicara SEO di berbagai event nasional dan internasional
Winda Dietplus
Ditulis oleh :
Head of Nutritionist
Winda Nur Aisyah

Ahli gizi bersertifikasi yang sudah berpengalaman 10 tahun merancang menu yang seimbang dan bergizi, memastikan setiap hidangan mendukung kesehatan pelanggan.

Editorial oleh :
SEO Specialist
Widiyanti Rusana
Praktisi SEO berpengalaman luas dalam bidang optimasi mesin pencari (SEO) dan digital marketing, juga menjadi pembicara di berbagai SEO Event skala lokal & global.
Diet Keto
Bagikan :
Artikel terakhir diperbaharui pada 09-Sep-2024
Intisari Artikel Ini :

Yuk pelajari serba-serbi tentang diet ketogenik, sebuah metode yang bisa mengubah cara tubuh mendapatkan energi — kalau biasanya energi didapat dari pembakaran gula, kini dari pembakaran lemak.

Awalnya metode ketogenik digunakan untuk mengobati epilepsi, kini diet ini terkenal karena dapat membantu menurunkan berat badan secara signifikan dalam 5-8 minggu.

Intinya, diet ketogenik melibatkan pola makan tinggi lemak dan sangat rendah karbohidrat, sehingga tubuh masuk ke dalam kondisi yang disebut ketosis, di mana lemak diubah menjadi energi.

Melalui artikel ini, ZenPlus akan lebih paham tentang apa itu diet ketogenik, bagaimana cara kerjanya, serta kelebihan dan kekurangannya untuk kesehatan.

Artikel ini juga memberikan tips mudah untuk memulai diet ketogenik, termasuk berapa banyak karbohidrat yang perlu dibatasi agar tubuh bisa beradaptasi dengan pola makan ini.

Hai ZenPlus, tahukah Anda bahwa diet ketogenik sebenarnya sudah ada sejak tahun 1920, lho!

Awalnya metode ini digunakan sebagai metode pengobatan untuk epilepsi. Namun, belakangan ini menjadi populer setelah diperkenalkan oleh dr. Gianfranco Capello, seorang profesor dari Universitas Sapienza, Italia.

Dalam penelitian yang dilakukan olehnya, rata-rata peserta berhasil menurunkan berat badan sebesar 10,2 kg setelah menjalani sekitar 2,5 siklus diet ketogenik (setara dengan 5 hingga 8 minggu).

Penurunan berat badan yang signifikan, bukan? Yuk, kita bahas lebih lanjut tentang apa itu diet ketogenik, bagaimana cara melakukannya, serta apakah diet ini benar-benar aman bagi tubuh.

Mengenal Diet Ketogenik

Diet ketogenik adalah pola makan yang tinggi lemak dan sangat rendah karbohidrat.

Tujuannya adalah untuk mengubah metabolisme tubuh dari pembakaran gula menjadi pembakaran lemak sebagai sumber energi.

Darimana Tubuh Mendapatkan Energi?

Secara sederhana, tubuh kita memiliki dua jenis metabolisme dalam memperoleh energi:

  1. Pembakaran gula (glukosa): Saat kita mengonsumsi banyak karbohidrat, tubuh akan mengubahnya menjadi glukosa yang kemudian digunakan sebagai sumber energi utama.
  2. Pembakaran lemak (keton): Ketika asupan lemak lebih tinggi dan karbohidrat sangat dibatasi (sekitar 20-100 gram per hari), tubuh akan beralih membakar lemak. Hasil dari proses ini adalah keton, yang dihasilkan oleh hati dan berfungsi sebagai sumber energi saat tubuh kekurangan glukosa. Kondisi ini dikenal sebagai ketosis.

Manfaat Diet Ketogenik bagi Tubuh

Ingin tahu lebih banyak tentang diet ketogenik dan manfaatnya? Simak penjelasan dr. A. Firmansah, SpGK, MKes melalui video berikut: 

Seperti kebanyakan diet, diet ketogenik juga memiliki pro dan kontra.

Beberapa orang khawatir bahwa pengurangan karbohidrat secara drastis akan membuat tubuh lemas.

Namun, kenyataannya, selama kita tetap mengonsumsi cukup protein dan lemak, tubuh dapat berfungsi dan bermetabolisme dengan baik.

Tertarik Mencoba Diet Ketogenik?

Bagaimana dengan ZenPlus? Apakah tertarik mencoba diet ketogenik ini?

Ingat, selalu pastikan asupan makanan bernutrisi seimbang sesuai dengan pola diet yang Anda jalani, agar tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang optimal.

ZenPlus bisa berkonsultasi gratis tentang diet keto ataupun program diet lainnya yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda bersama ahli gizi kami. Gratis! Klik tombol di bawah ini.

Info Catering Sehat Dietplus Minggu Ini
Info Menu & Program
Anda akan terhubung dengan whatsapp ahli gizi Dietplus Indonesia
Artikel lainnya terkait Diet Turun Berat Badan :
Winda Dietplus
Ditulis oleh :
Head of Nutritionist
Winda Nur Aisyah

Ahli gizi bersertifikasi yang sudah berpengalaman 10 tahun merancang menu yang seimbang dan bergizi, memastikan setiap hidangan mendukung kesehatan pelanggan.

Editorial oleh :
SEO Specialist
Widiyanti Rusana
Praktisi SEO berpengalaman luas dalam bidang optimasi mesin pencari (SEO) dan digital marketing, juga menjadi pembicara di berbagai SEO Event skala lokal & global.
Daftar Isi :
Daftar Isi Artikel